June 22, 2021

Nuri Sahin: Erling Haaland Bisa Seperti Robert Lewandowski

Spread the love

Dalam wawancara eksklusif dengan Goal, gelandang tersebut membahawa masa depan striker potensial Die Borussen.

Nuri Sahin memberi tahu Erling Haaland untuk tetap di Borussia Dortmund setidaknya satu tahun lagi dan percaya bahwa bintang Norwegia itu memiliki potensi dan mental untuk menyamai pencapaian Robert Lewandowski.

Masa depan Haaland telah menajdi banyak perbincangan, dengan pemain berusia 20 tahun itu menikmati tahun pertama yang luar biasa di Jerman.

Sejak bergabung dengan Dortmund dari RB Salzburg pada Januari 2020, dia telah mencetak 53 gol dalam 56 penampilan. Tidak heran sang striker dikaitkan dengan klub-klub besar seperti Real Madrid dan Manchester City.

Agennya, Mino Raiola membuat kehebohan baru-baru ini ketika mengatakan bahwa Die Borussen akan tergoda untuk menjualnya musim panas ini, tetapi pernyataan dari klub adalah Haaland tidak akan kemana-mana setidaknya hingga 2022.

Lalu Sahin, yang membuat lebih dari 200 penampilan dalam dua periodenya di Signal Iduna Park, yakin Dortmund akan mampu mempertahankan bombernya tersebut.

Berbicara secara eksklusif kepada Goal, pemain internasional Turki itu berkata: “Sebagai penggemar Dortmund, saya berharap dia akan bertahan! Tapi itu tetap keputusannya. Ada banyak orang di sekitarnya yang berbicara dan membantu, menunjukkan plus dan minusnya jika dia tetap berada di klub, tetapi pada akhirnya dia akan memutuskan apakah dia akan bertahan atau tidak.”

“Dia masih memiliki kontrak beberapa tahun lagi, dan jika Dortmund tidak ingin melepaskannya, mereka akan menyelesaikan masalah itu.”

“Jujur saja, saya tidak melihat ada masalah yang besar. Saya pikir Dortmund akan mendapatkan Liga Champions dan Haaland akan bertahan setidaknya satu tahun lagi, dan kemudian semia orang akan senang!”

Tentu saja, Sahin pernah bermain bersama striker hebat dalam diri Lewandowski, dan menyaksikan dengan kagum saat bintang Polandia tersebut membuktikan dirinya sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Pemain berusia 32 tahun itu mengatakan bahwa Haaland memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai level serupa di masa depan.

“Dia bisa sampai di level tertinggi. Tetapi masalahnya bukanlah untuk sampai di sana, tetapi untuk tetap berada pada level tersebut. Inilah yang telah dilakukan Lewandowski.”

“Mari kita berbicara tentang sepuluh tahun terakhir. Ada (Luis) Suarez, (Sergio) Aguero, Harry Kane, Lewy dan (Karim) Benzema, mereka semua bertahan di level itu.”

“Haaland pasti bisa. Dia memiliki potensi besar, dan yang saya dengan dari Dortmund adalah dia berlatih dengan sangat baik, dia sangat profesional.”

“Mental itu adalah kuncinya. Orang-orang di Dortmund mengatakan mereka tidak pernah melihat seorang pemain profesional sejak Lewandowski pergi. Saya tidak tahu Haaland, tapi saya melihat Lewy dan setiap hari Anda bisa melihat di matanya bahwa orang ini ingin memenangkan segalanya.”

“Jika Haaland memilikinya, maka dia pasti bisa.”

Sahin juga berbicara tentang prospek Dortmund yang diminati banyak klub Jadon Sancho, yang bermain bersamanya saat berusia 17 tahun.

“Dia pemain yang harus Anda bayar untuk menonton,” katanya. “Anda lihat dia dalam situasi satu lawan tiga, dan dia bisa lolos dengan membawa bola! Menyenangkan untuk dilihat.”

“Dia sama seperti Neymar dan (Kylian) Mbappe. Pemain seperti ini membuat fans ikhlas membayar tiket, membuat anak-anak ingin membeli jersey bertuliskan nama mereka.”

“Dia datang ke Dortmund pada usia 17 tahun, dan itu gila melihat kemampuannya. Itu adalah keputusan yang berani darinya, tetapi Jadon dan keluarganya berpikir bahwa itu adalah hal terbaik baginya untuk meninggalkan zona nyamannya, dan itu berhasil untuknya.”

“Dia mungkin tidak mengalami musim yang paling spektakuler, tetapi rapornya tidak buruk. Naik turun adalah hal yang wajar di usia ini. Tahun lalu dia mengalami tahun yang gila. Orang-orang akan selalu ingin melihat level itu, tetapi dia sudah kembali sekarang.”

“Saya menonton beberapa menit di pertandingan terakhir, dan dia kembali!”